Monday 28 May 2007

Pekan olah raga Sekolah Dasar

Kemarin,tanggal 27 Mei, merupakan Pekan Olah Raga di sekolah Kakak, rencananya acara pertandingan pertandingan akan digelar dari pagi jam 08.00 sampai sore jam 16.00 waktu Kitakyushu.
Di Jepang pekan olah raga ini biasa disebut undokai, artinya sih,...yah pertandingan olah raga antar kelas dari mulai kelas 1 sampai 6, selain itu pada acara tersebut, semua orang tua murid hadir menyaksikan anak anaknya bertanding, merupakan suatu kebanggaan sendiri bila melihat anaknya berhasil menjadi juara.
Undokai kali ini merupakan ondokai pertama untuk Kakak tahun lalu kakak belum sampai ke Jepang ketika undokai diadakan.
Pagi-pagi, para orang tua murid itu sudah hadir, ada yang menggelar tikar, ada yang menata meja dan kursi..dengan gaya barbeque di pinggiran sungai, memasang tenda payung..wah pokoke meriah deh, bayangkan saja, dipinggiran lapangan tempat nanti beradu laga berlangsung sudah dikeliling bookingan bookingan tempat duduk, tikar biru, merah,bergambar...tidak cuma mamah dan papa serta adik,kakaknya...nenek dan kakeknya pun ikut nonton.Mereka membawa makanan dan minuman yang...buanyak bangeut, maklum acara bakalan sampai sore dan tidak ada yang jualan bakso dan es campur ...hihihihi kayak di indonesia aja.
Murid muridpun sudah bersiap baris, acara akan dimulai, tidak ketinggalan kakak, berbaris di deretan siswa kelas dua, pembukaan ini akan diawali dengan tarian kolosal oleh seluruh siswa SD Ayamegaoka. Ratusan kamera siap siap merekam acara yang bersejarah ini. .....wah udah siap deh.
Tapi tiba tiba, MC mengumumkan bahwa Bapak Kepala Sekolah akan memberikan pengumuman. Semua disuruh berdiam dan mendengarkan....
Tahu apa isi pengumumannya, ......isinya hari ini ondokai d berhentikan dan diundur ke hari rabu, semua harus pulang ke rumah masing masing dan tidak berkeliaran di luar, karena.....hari ini ternyata tingkat polusi kota ini sangat tinggi, ada asap chemical sedang menyelimuti kota ini. spontan semua tertegun.....
gak tahu...harus menulisnya kaya apa,,,yang pasti penonton GONDOK abis. Tapi bukan jepang kalo tidak patuh, aturan yang tiba tiba mendadak keluar ini di keluarkan oleh pemerintah setempat....wah hebat, gak ada yang protes, semuanya membereskan barang barang dan pulang....pulang sambil ngadodorong troller yang mengangkut meja,kursi,peti es, bento....macem macem deh.
menurut kabar konon, sebagian dari mereka sengaja bangun subuh subuh buat bikin bento, bekalmakanan gaya jeopang..yang ribet bangeut.
Saya, Bessie..dan orang Korea, duduk dipinggiran lapangan sambil memperhatikan orang beberes dan sibuk lalulalang.....
Saya melihat muka murd murid yang sedih dan kecewa...tidak bisa tampil, padahal penonton sudah seabrek abrek.Kakak pun sedih, saya tahu persis bagaimana Kakak mempersiapkan ondokai ini,latihan nari...sampai Ade Liza juga ikutikutan dan hafal tarian tersebut. latihan lari estafet..yang selalu menang jadi no 1,latihan menarik bola....dan banyak deh.
Yang membuat saya geli sendiri, tadi pagi sebelum kakak pergi, sambil marah marah, saya memaksanya untuk makan nasi dan 5 telur puyuh,goreng ayam, kulub bayem, roti bakar, minum susu. Padahal teman Kakak , Aina asal Malaysia sudah menunggu di depan pintu. Padahal belum jam 07.30, maksa ingin pergi cepat cepat..saking semangatnya mau undokai.hihihihi kasihan kakak udah dimarah marahin, saya khawatir kalo Kakak gak makan pas pertandingan bakalan laper.

Ondokai tidak jadi, tapi berhubung kami pun sudah menyiapkan beberapa makanan dan minuman jadilah kami pesta di lobby apartemen bersama yang lainnya sambil ketawa ketawa membicarakan peristiwa tadi...UNDOKAI BUBAR.

Selama siang itu, kota seperti mati tidak ada orang yang keluar rumah, hanya ada mobil peringatan yang lalu lalang, sambil berteriak teriak...memperingatkan warga supaya tidak keluar. karena efeknya sangat mengerikan, kepala pusing,mual, tenggorokan sakit, mata pedih dan perut mulas.

Sore harinya setelah menonton televisi, barulah kami tahu ternyata tidak hanya sekolah kakak yang undokainya bubar, masih ada 85 sd di kota ini yang undokainya ikutan bubar juga....padahal persiapan menghias lapangannya sejak hari jumat.
shinjirarenai....gitu kata orang jepang.

No comments: