Saturday 7 July 2007

Sato oya


Minggu lalu kami diundang makan siang di rumah keluarga Saita, Keluarga Saita ini adalah sato oya kami di semester ini. Program sato oya( Orang Tua Asuh) adalah salah satu program yang di adakan oleh KIA (Kitakyushu International Association). Hari itu kami disuguhi berbagai makanan khas jepang.
Seperti biasa, orang jepang yang mengundang kami makan selalu berkomentar sama... "Susah yah mengundang orang Indonesia...abis tidak makan daging..."itu komentar nya...walhasil mereka harus berfikir keras tentang apa yang akan mereka masak.

Kami memang selalu mengatakan pada keluarga jepang yang hendak mengundang kami makan, bahwa kami tidak makan daging, tidak makan makanan yang mengandung sake dan mirin ...tidak makan.......sesuatu yang mengandung kaldu binatang.
buat mereka pembatasan ini sangat susah, soalnya hampir disetiap makanan metreka selalu dibumbui dengan barang barang tersebut.

Sambil acara makan-makan dan ngobrol ngaler ngidul.....suami istri ini pernah juga berkunjung ke Indonesia, dan negara asia lainnya....ternyata mereka senang jalan jalan. Pak Saita adalah pensiunan dosen di Universitas tempat papi sekolah, jadinya ngambung ngobrolnya, selain itu Pak Saita senang bernyanyi ...karokean......
Bu Saitanya mantan guru Taman Kanak kanak...banyak lagu dan tarian anak jepang yang beliau bisa. Pada acara ini pun, Bu Saita meminjamkan yukata pada Kakak dan Ade dan memakaikannya...mereka berdua sangat senang...ini pertama kali kakak dan ade pakai yukata,sejenis kimono tapi untuk musim panas.....

No comments: