Tuesday 2 October 2007

Pak Satpam daigaku

Sudah lama sekali aku tidak bersepeda di dalam kampus, duluuuuu ketika setiap pagi aku harus mengantar kakak dan ade ke sekolah, aku selalu lewat di depan pos satpam... seperti biasa.... kakak dan ade menyapa Pak Satpam tua itu... "Ohayou....
Beliau pasti menjawab sapaan kami, sesekali mengobrol sebentar......
Saya tidak pernah menanyakan siapa nama pak satpam itu...tapi kami biasa memanggilnya ...OJIISAN... sebutan untuk kakek-kakek.... dan beliau pun menyebut dirinya dengan subutan itu.....
Beberapa kali saya memberinya makanan indonesia, dan mengundang ke stand kami ketika ada matsuri.....
Setelah Kakak besar dan bisa jalan sendiri ke sekolah, saya sudah tidak mengantarnya lagi... dan sekolah ade pindah ke sisi lain dari daigaku... akhirnya saya tidak pernah lewat Pos satpam lagi...

Tapi Pagi tadi... ada rapat Bazar di sekolah kakak... saya akan membuka stand makanan indonesia, kari dan tahu isi.....
ketika lewat gerbang, saya bertemu dengan pak satpam itu.."O hisashiburi desu ne...
katanya.. "Udah lama yah gak ketemu.....
sebentar saya menyempatkan diri menuju posnya..
"Ojiichan sehat???
kataku...
"Genki janai you....." katanya... terlihat matanya berkaca kaca dan dan suaranya agak parau....
"Istri saya meninggal dua minggu lalu....,"katanya sambil tak bisa menahan tangis....

Saya ikut terdiam.....rasanya tak bisa menelan ludah.... dan diammmmm sejenak...
"He?!!!!! ha!!!?.,"cuma itu yang keluar dari mulut saya...

Ojiichan ini mungkin umurnya 75 an..... nampaknya beliau terpukul sekali dengan kematian istriya.... tapi Ojiichan masih punya satu anak dan 2 cucu .....
Benarbenar sepi terlihatnya....
"Ojiichan.... genki ne..."kataku sambil bingung harus blang apa.....

Trus aku pamit.....sambil tak tahu apa yang aku pikirkan.....
kasihan ..Ojiichan, biasanya wajahnya selalu berseri, walaupun sudah tua tapi masih tersisa jelas,kalo beliau dulu pernah jaya...
Tapi pagi itu benar benar beda........

Di kotaku ini, mungkin di jepang.... orang orang tua yang sudah pensiun... 65 tahun ke atas biasanya suka dipekerjakan kembali di bagian bagian yang tidak terlalu menyusahkan.... seperti Ojiichan dan teman temannya.... mereka mantan mantan pejabat lho....
Kaya di sekolah kakak...ada ojiichan yang selalu mengawasi jalan.. dan piket di tingkungan jalan kalo pagi, memperhatikan anak anak sd berjalan menuju sekolah..... takut ada kenapa kenapa....dan itu dilakukan dengan senang dan suka rela....begitupun sorenya,...Padahal dulunya kepala kantor pos kecamatan.

Orang -orang tua di kotaku ini nampaknya sangat senang bila diberi tugas oleh pemerintah kota, aku sering memperhatikan kegioatan kegiatanmereka, ada yang bagian mengurus tanaman , bunga di ujung ujung jalan. Penjaga lampu stopan.... hihihihi soalnya banyak anak anaka yang menyeberang, pembaca buku cerita untuk anaka anak... banyak deh...

Balik lagi ke Ojiichan......
Gambatte yah Ojiichan.....
Yah mau diapain lagi....

No comments: