Monday 28 January 2008

Kursus Memasak...makanan Jepang



Tanggal 27 kemarin, di KIA...KITAKYUSHU INTENATIONAL ASSOSIATION..mengadakan kursus memasak untuk siapa aja yang mau beklajar memasak makanan jepang...
jauh jauh hari saya memang mendaftarkan diri,,,karena memang ingin bisa masak dan ingin tahu.....


Pas Hari H nya.... saya mengajak ...paksa..... Pak Lukman dan Dicky..untuk ikutan kursus,dari padabengong di kamar...dan gak jalan jalan.....

Selama kursus berjalan..ada aja hal yang bisa bikin ketawa......soalnya gurunya aneh bangeut...kayaknya dia nggak percaya sama apa yang dilakukan Dicky,Lukman dan Bu Umar, padahal Bu Umar itu pakarnya masak.....
Senseinya udah Nenek nenek...kelompok di bagi 4....yang B nya isinya orang indonesia aja./Yang Parahnya.... Sensei menyuruh bikin danggo, tepung ketan di kasih air dan


diaduk aduk sampai khalis trus di bunderbunder sampai ada42 bagian...Trus...pertama Bu Umar bikin dan membaginya lebih dari 42.....mungkin 50 bunderan... trus... dengan cermatnya dia menghitung....trus agak marah..."Kan disuruhnya 42....bikin sesuai dengan 42, biar nanti setiap orang kebagian 6 bunderan.....soalnya piring sajiannya ada 7 bagian.....
Asli deh...harus dibikin 42.....Pak Lukman dan Dicky kembali bekerja keras... menyusun o danggo itu menjadi 42 bagiann......


Menu yang lainya....rasanya ribet bageut lho....hari itu kita membuat 4 macam masakan
1. masakan inti...nasi sushi....pada pengolahan nasi sushi ini... ternyata untuk mencucinyapun ada tehniknya... bayangkan...cara mencuci beras yang harus tangannya ke kanan dan ke kiri dengan aturan, lalu mendiamkannya selama 30 menit dan baru dikukus, setelah matangpun tidak bolehterlalu diaduk...padahal kita akan mencampurnya dengan aircuka gula dan beberapa sayuran matang. Mmasak sayurannya pun pake aturan, cara memotongnya pun pake aturan...
wah aku sempet protes.... kaburu salatri mantenatuh...

2. trus makanan berikutnya..kukus ikan pake kecap asin..itu juga gak boleh salah, api gak boleh besar dan jangan dibolak balik....
Kesalahan besarpun kami lakukan, karena terlalu dibolak balik..akhirnya ikannya pecah... sensei cemberut...
kami nampaknya tidak dipercaya untuk melakukannya....akhirnya dia sibuk sendiri.... kalo bikin orak arik telur dadar...baru dipercaya... hihihihihihi

3. bikin soup....yang isinya jamur...dan bentolan roti...ini....senseinya yang bumbuin , Pak Lukman hanya ditanya apakah enak ato tidak....
"Oishiiiiiii,"katanya...sambil senyum/,.....:"Padahal kalo dikasih masako kayaknya lebih enak......"tambahnya

4. O Danggo.....yah ini kue tepung ketan yang bikin musibah.... gara gara salah jumlah...hihihihihi ,senseinya ngamuk....


Ternyata membuat masakan jepang teh ribet abis.....dan rasanya juga biasa aja ...
meningan makan nasi panas pake lotek ditambah kerupuk warung...hihihihi

kalo masaknya ikutan gaya jepang...wah bisa bisa seharian cuma buat masak doang, pantesan orang jepang senengnya makanan beli di toko.

trus....banyak deh yang bikin keketawaan... selesai memasak..kami menata nata.....dan makan bersama....itadakimasu.....


Kesan kesan nya.....ternyata masakan Indonesia jauuuuuuuhhhhh lebih uenaaaakkkkk

2 comments:

Adhitya Yodha said...

TERIMA KURSUS MASAKAN JEPANG
SUPLIER MAKANAN JEPANG

perkenalkan, nama saya Adhitya Yodha. saya berdomisili di jakarta. saat ini saya bekerja sebagai japanese restaurant consultant. yakni, saya berperan sebagai guide bagi anda yang ingin membuat sebuah restoran yang elegan,mewah kelas atas atau sederhana sampai tempat usaha seperti warung,kios,booth, dan sebagainya. saya siap membantu anda mulai dari mencari lokasi yang tepat, desain interior & exterior, pembuatan menu, mentraining karyawan, mencarikan tenaga kerja (chef,cook,waiter,kasir) sampai promosi dan sebagainya dengan modal sesuai kemampuan anda

Sepertinya makanan jepang di sini sudah amat sangat populer dan sedang menjadi sebuah trend di generasi sekarang, ini bisa di buktikan dengan banyaknya outlet outlet atau resto bahkan warung yang bertemakan makanan jepang. Bahkan sudah tidak terhitung lagi banyaknya khususnya di kota jakarta. Bisa di artikan bahwa usaha bertemakan makanan jepang ini ternyata cukup menggiurkan

Di sini saya mencoba untuk menawarkan kesempatan yang tampaknya cukup menjanjikan ini, yakni berbisnis makanan jepang. Khususnya bisnis atau usaha makanan jepang mulai dari restoran mewah atau sederhana sampai outlet di foodcourt, booth, warung dan sebagainya

Saya menawarkan konsep yang agak berbeda dengan sistem franchise. Brand atau nama tempat usaha anda nantinya bisa anda sendiri yang menamakannya, begitu pula dengan menu, konsep dan penampilannya, akan tetapi saya akan membantu untuk menuntun anda bagaimana membuat sebuah konsep usaha yang anda ingini nanti

Sudah sekitar hampir 10 tahun saya bekerja sekaligus mempelajari makanan jepang, setelah akhirnya saya sudah berpindah pindah dari satu restoran ke restoran lainnya secara otomatis saya dapat beberapa pelajaran tentang konsep,gaya, dan variasi makanan jepang yang berbeda beda termasuk resepnya. Akan tetapi semua hal yang sudah saya dapat itu tidak saya tiru seratus persennya, itu hanya sumber inspirasi atau bahan perbandingan saja. Di sini saya menjual apa yang saya sudah buat sendiri, yakni resep makanan jepang yang halal,nikmat,murah tetapi tidak merubah rasa jepangnya itu sendiri

Saya sudah membuat beberapa restoran di berbagai kota dengan konsep dasar yang sesuai dengan kemauan pelanggan. akan tetapi sudah saya kembangkan sedemikian rupa sehingga setiap restoran tersebuti memiliki keunikan masing masing. yang sampai saat ini restoran tersebut semakin berkembang.

untuk lebih jelasnya saya memiliki proposal yang bisa anda download dan simpan. silahkan kunjungi website saya:

http://adhityayodha.webs.com

untuk pertanyaan dan informasi silahkan hubungi saya di:

085737637228

email:
sushichef_jakarta@yahoo.com

Unknown said...

Kilo mau kursus masakan Jepang dimana