Sunday 11 November 2007

Tas Sekolah Kaka


By. Indriyani Rachman

Ada banyak hal yang berbeda antara Indonesia dan jepang, yang paling kentara, bila kita perhatikan anak sekolah di jepang, baik tingkat SD,SMP dan SMA mereka menggunakan tas sekolah yang sama, bukan cuma itu untuk tingkat smp dan sma bahkan tempat baju olah raga, tempat sepatu dan tempat buku perpustakaanmereka menggunakan tas yang sama. ransel merah untuk perempuan dan ransel hitam untuk laki laki, tapi sekarang sudahbanyak warna, seperti pink, salem,coklat dan abu abu, tapi merah dan hitam tetap menjadi dominan.

Di jepang, orang tua tidak disibukkan dengan tetek bengek persiapan anak yang pertama kali masuk sekolah. urusan uang sekolah...gratis...buku buku.... di droup sekolah.... palingan menyiapkan alat tulis dan beli tas ransel tersebut.
Waktu pertama kali kaka datang ke jepang dan sekolah, kami sempat shock karena harga tas yang mahal,tapi untungnya ada orang tua murid yang memberikan tas second buat kaka. walaupun sudah dipakai 6 tahun tapi nampak layak dipakai. sedkit rusak pinggirannya. Tapi saat itu kami sangat senanng dan merasa sangat beruntung mendapat sumbangan tas. bayangkan kalo kami harus beli tas semahal itu..... kami pernah mencarinya di toko dan beberapa mall... ternyata harganya sekitar 20.000 sampai 30.000 yen, jadi kalo dirupiahkan sekitar 2-3 jutaan.

Setelah setahun setengah Kakak menggunakan tas tersebut,kadang suka sedih melihat tas kakak yang sudah mulai usai, di bandingkan teman temannya memang tas kakak yang paling ancur... tapi untuk membeli...rasanyaaaaaaaaaaaa


Kemarin, tiba tiba kami mendapatkan rejeki yang tidak diduga duga, dan kami dapatmembelikan tas baru untuk kakak...
ternyata setelah kami survei tentang tas tersebut.......walaupun bentuk dan warnanya sama, tapi merknya beda beda, begitu juga dengan kwalitas kulitnya. dan akhirnya kami mempelajari tas tersebut.
Di beberapa toko yang menjual barang made in china, tas tersebut memang berharga sangat miring antara 8.000 - 10.000 yen, tapi... kulit yang digunakan sangat berkualitas rendah malah ada yang kulit sintetis, beberapa merk disney harganya 30.--- sampai 40.000 yen dan yang kwalitas kulitnya benar benar bagus harganya sekitar 50.000 sampai 60.000 yen.


setelah ditimbang timbang, akhirnya kami membeli tas kakak yang berkualitas paling baik dan bersertifikat.
Senang rasanya bisa membelikan tas buat kaka, sebagai hadiah......dan selama ini kakak tidak mengeluh dengan tasnya yang sudah rusak dan tetap semangat belajar...nilai nilainya pun selalu baik..terutama untuk matematika dan gambar.


Mau tahu apa komentar ade Liza ketika tas lama kakak diberikan untuk ade...???
"Mami ashita.....ade sekolahnya di sekolah kakak yah... kan udah punya tas sekoalhnya......,"gitu kata ade......mmmmmmm

No comments: